Beberapa Modal Bisnis Selain Uang

Beberapa orang tidak mau memulai membangun bisnis karena merasa memiliki modal. Sayangnya, “modal” yang mereka maksud selalu berdefinisi “uang”. Seakan bisnis tidak bisa dimulai kecuali sudah ada uang dalam jumlah yang cukup banyak. Secara realistis, memang hal itu benar juga, sebab dalam dunia riil modal uang itu tetap penting. Namun hanya menganggap modal uang sebagai satu-satunya elemen penting dalam memulai sebuah bisnis adalah juga tak bijak. Berikut ini beberapa modal yang lebih signifikan selain uang :

Passion dengan Bidang Tersebut

Passion dalam bisnis bisa jadi sesuatu yang sangat penting. Dengan passion, perjalanan bisnis yang tidak selalu mulus bisa dilewati degan tetap bersemangat. Passion membuat bisnis terasa menyenangkan. Bahkan pada sebagian orang membuat bekerja dalam bisnis seperti “tidak bekerja”. Semua seperti sebuah permainan yang menyenangkan.


Butuh jasa desain logo profesional, klik >> Jasa desain logo perusahaan


 

Network yang Luas

Ada yang bilang network dalam bisnis adalah modal yang jauh lebih penting dari uang. Dengan network yang luas, kita punya akses ke supplier, sumber permodalan sampai kemana kita akan memasarkan. Jadi dengan network yang luas, seorang pebisnis hanya menjadi “terminal” yang menyatukan seluruh potensi tersebut untuk sebuah bisnis yang menghasilkan.

Ide Bisnis yang Unik

Banyak potensi bertebaran di sekitar kita, namun tak banyak yang memiliki ide kreatif untuk mengkonversinya menjadi sebuah bisnis yang bisa menghasilkan. Dengan ide ini (dan kemampuan mengeksekusi) terkadang “modal uang” itu akan datang lebih mudah, bahkan datang sendiri menemui kita.


 

Butuh jasa desain logo profesional, klik >> Jasa desain logo perusahaan


 

Karakter Pembelajar dan Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Ini adalah modal yang sangat penting untuk membuat sebuah bisnis sustain dalam jangka waktu yang panjang. Betapapun kita minim permodalan, bahkan minim modal uang dan network (bahkan pengalaman), karakter ini akan membuat kita terus bisa survive dan eksis di bisnis yang sedang kita bangun. Karakter pembelajar ini akan selalu membuat kita adaptif dan relevan dengan perkembangan zaman.

Keyakinan yang Kuat

Dalam bisnis keyakinan bisa jadi modal utama. Hal ini yang akan membuat bisnis terus berjalan, betapa pun kesulitan yang sedang kita hadapi. Keyakinan yang kuat akan sebuah bisnis bisa menepis keraguan orang lain akan mimpi yang sedang kita bangun, betapa pun realita saat ini bercerita lain. Orang-orang besar selalu memiliki hal ini dalam memperjuangkan mimpinya. Keyakinan yang kuat bukan hanya bisa membuat dia terus bergerak, tetapi juga bisa membuat orang lain bergerak bersamanya.

peluang bisnis online  internet  modal kecil sampingan rumahan usaha sampingan

 

Sumber tulisan : http://www.cetakbrosurjkt.com/2014/09/beberapa-modal-bisnis-selain-uang.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.