Kenapa Tetap Harus Berpromosi Walau Produk Sudah Laku?

foto ilustrasi kenapa promosi tetap perlu  jasa cetak percetakan pencetakan pembuatan brosur jakartaMungkin sebagian orang pernah berpikir, buat apa brand-brand besar tetap melakukan promosi baik melalui iklan, activity, event, sampai dengan kampanye via social media jika produk itu sudah terkenal, sudah laku bahkan market leader? Bukankah konsumen sudah kenal denga produk anda? Dengan brand Anda? Bahkan mereka sudah demikian akrab dengan brand Anda, dan sebagiannya sudah menjadikan brand Anda bagian dari kehidupan mereka.

Ternyata dunia tak sesederhana itu. Ada beberapa hal yang membuat memang sebuah produk, sebuah brand harus dipromosikan terus menerus tanpa henti. Berikut ini 3 alasan di antaranya:

Menjaga Awareness dan Loyalitas Konsumen Anda

Awareness terhadap produk kita tetap harus dijaga. Sebab bisa jadi produk dalam kategori yang sama dengan kita ada puluhan, ratusan bahkan ribuan. Konsumen harus bisa tetap mengingat brand kita dalam kesehariannya, agar produk kita selalu menjadi “Top of Mind” dalam kehidupan konsumen. Sebab jika itu terjadi, produk kita akn terus dibeli konsumen saat mereka butuh. Saat mereka butuh produk yang kita jual, maka produk kitalah yang mereka ingat.

Promosi juga penting untuk menjaga loyalitas konsumen Anda. Sebab ketika awareness mereka tinggi terhadap produk kita. Lalu produk kita menjadi top of mind di kepala mereka, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk loyal pada produk kita dan tidak memilih produk kompetitor. Sebagai produsen atau pemasar, kita harus ingat bahwa sebagian besar orang sebenarnya tidak suka mencoba brand baru ketika mereka merasa sudah nyaman dengan sebuah brand. Nah, promosi salah satunya menjaga hal tersebut.

Mencegah Kompetitor Merebut Konsumen Anda

Dunia bisnis adalah dunia yang keras. Dalam setiap pasar selalu ada “kue” yang diperebutkan. Kalaupun anda menjadi market leader, tak pernah menjamin Anda aman seratus persen. Sebab selalu ada para kompetitor yang siap memangsa konsumen Anda ketika Anda lengah. Salah satunya adalah ketika kita minim berpromosi, sehingga awarenss dan loyalitas konsumen atas produk kita menurun. Pada saat itulah kompetitor Anda bisa masuk dan merebut “kue” Anda. Bahasa kerasnya, Anda harus berusaha agar jangan sampai konsumen Anda merasakan/mencoba produk kompetitor. Kecuali Anda sangat yakin bahwa Anda bisa sangat unggul di banding mereka.

Meningkatkan Penjualan

Seorang pebsnis atau pemasar diharapkan tidak pernah puas dengan pencapaian yang sudah ada. Dia harus terus menerus agar penjualan produknya meningkat secara berkala. Dan hal itu sulit terjadi jika kita minim berpromosi dan membiarkan semuanya mengalir begitu saja. Di era overload informasi seperti sekarang, Anda harus berpikir kreatif dan cepat agar produk Anda terus menerus melakukan penetrasi terhadap pasar-pasar baru dan mengakuisisi konsumen dari produk kompetitor.

Perluasan pasar ini penting untuk meningkatkan penjualan. Sebab jika Anda hanya berfokus pada konsumen yang ada, seberapa pun dieksploitasi, ia akan tetap memiliki batas atas perkembangan. Sebaliknya, ekspansi ke pasar-pasar baru memungkinkan Anda mendapatkan potensi-potensi pendapatan yang baru.

peluang bisnis online  internet  modal kecil sampingan rumahan usaha sampingan

Sumber tulisan : http://www.cetakbrosurjkt.com/2014/09/kenapa-tetap-harus-berpromosi-walau.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s