Perlukah Dukungan Keluarga dalam Bisnis?

peluang bisnis foto ilustrasi Perlukan Dukungan Keluarga dalam Bisnis  jasa cetak percetakan pencetakan pembuatan brosur onlineKetidakpastian dalam Bisnis

Dunia bisnis adalah dunia yang penuh dengan dinamika. Kadang kita mendapatkan profit kadang juga mengalami kerugian. Tantangan bisnis semakin hari juga semakin besar. Tidak dapat dipungkiri, persaingan bisnis semakin ketat. Munculnya teknologi informasi yang membuat kita memiliki beragam channel untuk menjangkau konsumen ternyata tak banyak memberikan solusi, karena kompetitor pun bisa menggunakannya.

Bisnis itu penuh dengan ketidakpastian (uncertainty). Betapa pun kita sudah demikian sempurna menjalankan proses bisnis, sangat mungkin terjadi hasilnya sebaliknya. Bisa saja kita sudah mengikuti sebuah “resep sukses” seorang pengusaha (bahkan mereka yang bisnisnya sama dengan kita), tetapi ternyata hasilnya tidak sama. Bisa saja kita sudah memasang iklan dimana-mana, menyebarkan banyak brosur, ikut pameran, dan masih banyak lagi, tetapi tidak banyak konsumen yang mau membeli produk atau menggunakan jasa kita.

Tetapi kadang kita juga melihat, ada sebagian pebisnis lain yang usahanya tidak sekeras kita tetapi justru mendapatkan hasil yang jauh lebih besar. Oleh karena itu sebagian orang mengatakan bahwa bisnis itu lebih mirip seni daripada ilmu. Sebab sebuah rumus bisnis bisa memberikan hasil berbeda pada orang atau kondisi yang berbeda, walau bisa jadi bidangnya sama.

Peran Keluarga dalam Mendukung Bisnis

Seorang pengusaha yang sedang mengalami kegagalan bisa saja “down”. Merasa bahwa semua sudah berakhir, tidak akan mungkin bangkit lagi dan sebagainya. Di sinilah keluarga memberi peran besar dalam mendukung pengusaha tersebut. Dukungan semangat hingga dukungan materi menjadi penguat si pengusaha itu untuk bangkit kembali.

Jika keluarga tidak mendukung, bahkan justru menyalahkan dan menjatuhkan mental si pengusaha, tentu akan menjadi momok bagi si pengusaha dan justru membuat mentalnya semakin jatuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengusaha untuk mendapatkan dukungan kekuarga sejak memulai usahanya, agar jika terjadi sesuatu dalam usahanya, semua pihak masih mendukungnya.

Dukungan Pasangan Hidup

Pasangan hidup adalah “inner circle” dalam kehidupan. Apalagi dalam bisnis, dukungan suami / istri menjadi sangat penting. Sebab mereka yang tahu seluk beluk perjuangan kita. Mereka juga yang ikut merasakan jika kita mengalami badai dalam bisnis. Dan mereka juga yang berhak mendapatkan kebahagiaan atas kesuksesan yang kita peroleh di kemudian hari.

Seorang pengusaha harus terus menerus melakukan visionisasi kepada pasangan hidupnya tentang cita-cita besar bisnis mereka. Ia harus terus memupuk mimpi besar di hadapan pasangannya, agar perjalanan bisnis yang panjang dan tidak selamanya menyenangkan itu terus mendapat dukungan mereka. Sebab dukungan mereka sangat penting bagi keberhasilan si pengusaha tersebut.

Sumber tulisan : http://www.cetakbrosurjkt.com/2014/10/perlukan-dukungan-keluarga-dalam-bisnis.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s