Tips Mengatur Cashflow Agar Bisnis Tak Mudah Bangkrut

Penulis : admin Channel Telegram @PosterBelajar

Kenapa sebagian besar bisnis yang dimulai tak berumur panjang?

Mungkin pertanyaan di atas tidak begitu aneh, tapi coba pertanyaannya diubah:

Kenapa ada bisnis yang omsetnya besar bisa bangkrut? 

Tulisan ini mungkin bisa menjawabnya…

Membangun bisnis yang kuat serta menghasilkan penjualan yang tinggi memang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan laju roda bisnis. Namun jika cash flow (arus uang) bisnis tidak terkontrol maka dapat menggerogoti usaha tersebut hingga bisa berujung kebangkrutan.

Secara sederhana, definisi cash flow adalah aliran kas masuk dan pengeluaran bisnis yang harus dicatat dengan teliti. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga kestabilan cash flow bisnis:

  1. Mengetahui Biaya Produksi dan Pengeluaran

Pastikan Anda tahu berapa “angka pasti” biaya produksi dan pengeluaran Anda. Seorang pebisnis yang tidak tahu struktur biaya dalam bisnisnya akan mempercepat kebangkrutannya. Bisa juga omset terkesan besar, tapi ternyata tak pernah “bersisa”.

Misal, dalam soal diskon. Diskon adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam menarik konsumen untuk membeli atau menggunakan produk/ jasa Anda. Sebelum memberikan diskon, sebaiknya kalkulasikan dulu berapa biaya produksi produk tersebut.

Setelah ditentukan maka Anda dapat menghitung besaran diskon yang bisa diberikan dengan tetap mengutamakan kestabilan cash flow. Jangan sampai memberikan diskon hanya untuk mengejar omset, tanpa melihat untung ruginya.

baca juga : HEBOH ! BISNIS ini jadi rebutan banyak orang ! Marginnya 100% sih..

  1. Alokasikan Pendapatan Anda Agar Lebih Terstruktur

Pendapatan atau pemasukan Anda harus dialokasikan supaya lebih terstruktur, “jangan asal mengalir saja”, seperti misalnya dari 100 persen pendapatan Anda, 10 persennya untuk biaya investasi yang lain, 20 persennya untuk biaya cadangan, dan 70 persennya untuk biaya operasional.

  1. Menawarkan dengan Harga yang Lebih Tinggi

Besarnya keuntungan yang ingin didapatkan tergantung pada setinggi apa penawaran yang Anda ajukan pada konsumen. Untuk mendapatkan transaksi dengan nilai yang besar, maka sebaiknya Anda juga menawarkan dengan harga yang besar pula. Dengan demikian konsumen akan menawar dengan harga yang tidak terlalu jauh dari harga yang ditawarkan.

Namun hal yang harus diperhatiikan adalah mengetahui standar harga yang berlaku. Jangan sampai Anda mematok harga yang tidak logis. Kita bisa mematok harga tinggi untuk sebuah produk tertentu yang memang pantas, selama konsumen merasa yakin dengan mutu dari produk/jasa yang Anda tawarkan.

baca juga : Modal nggak sampai sejuta? Bisnis ini pilihan terbaik Anda !

  1. Mendorong Pembelian Berulang (Repeat Order)

Jika bisnis Anda fokus pada volume transaksi, maka mendorong repeat order adalah hal yang sangat penting dilakukan. Karena terkadang Anda belum mendapatkan profit pada pembelian pertama atau kedua.

Untuk itu Anda harus mendorong agar konsumen terus melakukan transaksi dengan menawarkan berbagai program yang menarik. Berikan konsumen diskon atau bundling agar ia terdorong untuk melakukan repeat order.

  1. Pastikan Cash In (Uang Masuk) Lebih Besar Daripada Cash Out (Uang Keluar)

Yang terakhir, Untuk dapat menghasilkan keuntungan yang besar, Anda harus memastikan bahwa pemasukan Anda lebih besar daripada pengeluaran Anda. Jangan mudah tergiur untuk menambah barang inventaris yang sekiranya tidak perlu.

Maksimalkan inventaris yang ada dahulu sesuai kondisi keuangan bisnis. Kestabilan dan keamananan cash flow haruslah menjadi prioritas utama. Untuk itu sedikit menunda pengadaan inventaris dapat menjaga cash flow tetap stabil.

baca juga : BIKIN HEBOH ! Bisnis keagenan ini hasilkan MARGIN 100%, BEP maksimal 2 bulan saja (kalau aktif bisa sebulan), dan dapat dukungan FULL pihak manajemen.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda terapkan untuk mengelola cash flow bisnis Anda secara benar. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, diharapkan bisnis yang baru Anda kelola dapat berjalan dengan baik dan bisa meningkatkan laba bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Atau jika ingin tips-tips/artikel-artikel bisnis ini ada langsung di HP Anda secara rutin, silahkan KLIK pada link berikut ini: http://bit.ly/TipsBisnisRutin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.