Tips-tips Bisnis yang Inspiratif

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

TIPS-TIPS BISNIS (bagian 1)

1. Jika penjualan Anda tak bagus, hentikan terus berasumsi tentang pasar atas produk Anda. Turunlah ke bawah dan lakukan riset pasar.

2. Untuk bisnis yang tidak mendapat suntikan permodalan besar, membangun sistem marketing harus diprioritaskan sebelum membangun sistem-sistem lain yang lebih advance.

3. Buatlah job desc karyawan secara tertulis, lalu jelaskan kepada mereka detil tentang hal tersebut.

4. Jangan berbangga dulu dengan profit tinggi, pastikan Anda memiliki cash yang besar juga atasnya.

5. Jika bisnis Anda bukan “konsultan bisnis”, maka jangan terlalu banyak porsi belajar teori bisnis, mulailah memperbanyak eksekusi atas apa yang sudah Anda pelajari.

6. Perkuat leadership dalam perusahaan Anda. Jangan biarkan bisnis Anda mengalir begitu saja.

7. Adakan briefing minimal sekali per pekan. Jaga kesolidan tim Anda dan pemahaman mereka akan tujuan bisnis Anda.

8. Sebaiknya jangan berkespansi dulu sebelum memastikan fundamental bisnis Anda sudah OK

9. Jika Anda harus berbisnis lebih dari 1, pastikan bisnis Anda tak lebih dari 3 untuk periode awal Anda membangun bisnis.

10. Tingkatkan laba Anda dengan melakukan efisiensi atas biaya-biaya. Berinovasilah agar terjadi pengurangan pada biaya-biaya rutin.


TIPS-TIPS BISNIS (bagian 2)

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

1. Temukan produk/layanan yang pas untuk segmen yang Anda bidik. Jika Anda terlanjur memiliki sebuah produk, coba temukan bahasa komunikasi yang pas untuk membuat segmen tersebut mau membeli produk Anda.

2. Konsistensi kualitas produk/ layanan adalah salah satu hal penyebab konsumen melakukan repeat order.

3. Jangan remehkan masukan pelanggan. Sebab itu bisa “menggantikan” biaya riset produk Anda pada level tertentu.

4. Betapa pun Anda berjaya pada penjualan offline, dunia digital marketing tetap harus Anda masuki, sebab itu keniscayaan. Keengganan memasukinya akan membuat bisnis Anda tak relevan lagi dengan zaman.

5. Pebisnis itu harus mampu melakukan delegasi. Perkuatlah delegasi Anda dengan membuat sebuah job desc, daftar wewenang dan Key Performance Indicator (KPI) tertulis untuk karyawan.

6. Memberi karyawan sebuah tugas tanpa memberi ia wewenang tidak akan memberi Anda banyak “kebebasan”. Jangan hanya jadikan mereka “tukang”, jadikan mereka aktor perubahan bisnis Anda.

7. Dengan mendelegasikan tugas, Anda bisa fokus pada pekerjaan utama pengusaha : mengembangkan bisnis.

8. Konsumen yang hanya mau dilayani “oleh Anda” bukanlah sesuatu yang baik, usahakan untuk mengalihkannya ke “sistem layanan” yang berlaku di bisnis Anda, namun pastikan ia tetap merasa “istimewa” dengan layanan itu.

9. Pisahkan antara “kas besar” dan “kas kecil” dalam perusahaan Anda. Kas besar Anda sendiri yang kelola (sebelum punya direktur keuangan khusus), sedangkan kas kecil percayakanlah pada salah satu karyawan terpercaya Anda.

10. Pastikan bagian produksi Anda memiliki jiwa “perfeksionis” dalam hal kualitas produk. Jangan toleransi cacat produk untuk konsumen/ klien. Beri mereka standa mutu produk terendah sebagai acuan.

TIPS-TIPS BISNIS (bagian 3)

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

1. Hal sederhana yang bisa mengetahui Anda pebisnis yang baik atau bukan adalah : berapakah margin Anda sebenarnya?

2. Bangunlah sistem. Salah satu ciri bisnis yang benar adalah ketika bisnis tersebut Anda tinggal, ia tetap bisa berjalan (tanpa Anda), bahkan tetap berkembang.

3. Dengarkan masukan karyawan, tapi jangan lupa, Anda yang harus pegang kendali, bukan karyawan.

4. Pebisnis wajib terus meng-upgrade ilmu, dunia ini berkembang. Anda harus terus melakukan perubahan dan inovasi agar bisnis tetap survive bahkan berkembang.

5. Semakin besar “un-known area”, semakin besar resiko bisnis Anda. Perkecil “un-known” area dengan terus belajar.

6. Tidak ada orang yang mau membaca iklan. Yang mereka baca adalah sesuatu yang menarik hati mereka. Agar iklan Anda dibaca orang, buatlah sesuatu yang menarik bagi segmen yang Anda bidik.

7. Berusahalah untuk memahami benar siapa konsumen Anda, dengannya Anda bisa memberikan produk/layanan yang tepat atau menyusun bahasa marketing yang tepat.

8. Jangan remehkan soal kemasan produk! Sebab ia adalah “iklan gratis” pada 2 detik pertama pandangan calon konsumen.

9. Rebut perhatian calon konsumen, buat dia tertarik, ajak dia berhasrat untuk memiliki produk Anda, lalu buatlah dia melakukan eksekusi pembelian. Semua bisa dilakukan dengan membuat startegi iklan yang tepat.

10. Salah satu tips dalam teknik closing adalah : Berikan pertanyaan dengan jawaban yang hanya akan memberikan pilihan “iya”. Misal, mau pilih warna merah atau biru? Jangan : Jadi beli atau tidak?

TIPS-TIPS BISNIS (bagian 4)

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

1. Jika Anda ingin menang dalam persaingan bisnis, maka berkompetisilah dengan “masa depan”.

2. Melakukan benchmark dengan produk yang sudah ada mungkin baik, namun dengannnya Anda takkan bisa melampaui produk tersebut. Bersikaplah pro-aktif, lalukan perubahan yang bisa melampaui kompetitor Anda.

3. Jangan sampai Anda “perang harga”. Bertarunglah pada kualitas layanan Anda. Sering kali pembeli memilih produk karena melihat “siapa yang menjual”, bukan apa yang dijual.

4. Jaga layanan Anda, word of mouth marketing adalah metode pemasaran paling powerful daripada iklan yang bisa membuat calon konsumen menjatuhkan pilihan pada Anda tanpa keraguan.

5. Agar Anda mendapatkan word of mouth marketing yang positif, layanan Anda harus memberikan kesan yang sangat mendalam pada konsumen (memmorable experience). Buatlah mereka tak hanya puas, tapi juga merekomendasikan produk / layanan Anda kepada orang lain.

6. Jika penjualan Anda mulai turun, “turunlah” bersama karyawan front liners Anda, ikut melayani konsumen, untuk tahu tentang apa yang terjadi sebenarnya.

7. Rangsanglah karyawan Anda untuk berani mengemukakan pendapat yang bisa memberikan pengaruh positif bagi bisnis Anda.

8. Pastikan “pelanggan baik” (yang sering melakukan repeat order dan sering merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain) mendapatkan perlakuan yang sangat istimewa.

9. Setiap pebisnis harus terus menerus bisa meningkatkan customer value, meningkatkan sesuatu yang bisa diberikan kepada pelanggannya. Lakukan inovasi dan perkuat efisiensi agar kita bisa semakin baik dalam memberikan pelayanan pada konsumen.

10. Jika Anda menemukan kelemahan pada produk Anda yang sulit diperbaiki (untuk saat ini) karena masalah budget, cobalah mencari sisi lain yang justru bisa mengangkat itu menjadi kelebihan, lalu komunikasikanlah hal tersebut kepada segmen bidikan Anda. Anda pasti bisa, selama Anda berusaha menemukannya.

TIPS-TIPS BISNIS (bagian 5)

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

1. Jujurlah jika ada cacat produksi, kurangi harga atau berikan kompensasi. Kejujuran Anda akan “memperpanjang” hubungan Anda dengan konsumen.

2. Konsumen yang puas dan bercerita ke komunitasnya itu lebih sedikit daripada konsumen yang kecewa dan bercerita ke komunitasnya. Maka berhatai-hatilah terhadap konsumen yang kecewa.

3. Naikkan harga Anda, berikan value lebih, dan buka ruang untuk negosiasi harga. Margin yang terlalu tipis akan membuat produk Anda berhenti menjadi komoditas.

4. Jangan hancurkan perusahaan dengan gaya hidup Anda. Tentukan berapa gaji Anda, dan pastikan untuk mengambil tak lebih dari itu.

5. Konsumen adalah “raja”, tapi karyawan Anda juga aset yang sangat berharga. Ketika ada konflik antara keduanya, jangan mencari solusi win-loose, apalagi karyawan selalu di posisi salah. Lihat baik-baik masalahnya, lalu carilah win-win solution.

6. Lakukan briefing berkala, minimal sepekan sekali dengan karyawan Anda, bukan hanya untuk memastikan kinerja mereka, tetapi memastikan bahwa mereka tetap memegang value perusahaan dengan benar.

7. Perang pemasaran pada aslinya bukanlah di pasar, tetapi di benak pelanggan. Menangkan perang tersebut dengan menentukan positioning terbaik untuk produk Anda.

8. Bisnis yang bisa bertahan adalah bisnis yang mau menjadi “fasilitator” bagi kebutuhan konsumen. Mereka mau mendengar kebutuhan konsumen dan mau memodifikasi produk / layanannya sesuai permintaan konsumen.

9. Kaum wanita adalah konsumen paling kuat dalam dunia pemasaran. Maka fokuslah untuk mengenalnya dan memberikan mereka penawaran yang lebih baik.

10. Iklan mungkin powerful dalam jangkauan, tetapi rekomendasi komunitas powerful dalam keputusan. Pastikan Anda mendekati komunitas yang sesuai dengan produk / jasa Anda.

TIPS-TIPS BISNIS (bagian 6)

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

1. Jangan hanya berfokus untuk memimpin pasar, tetapi cobalah untuk bisa membangun kedekatan dengan konsumen.

2. Jika produk Anda terkena “isu negatif”, ajak konsumen untuk melakukan customer experience tertentu. Ajak mereka ke unit produksi Anda, melihat dari dekat dan akhirnya minta mereka bercerita di media sosial.

3. Untuk penetrasi produk baru di lapangan, Anda bisa menggunakan strategi “Free Prize Inside”. Berikanlah hadiah sebagai bundling. Sering kali konsumen tidak ingin membeli produk kita, tetapi menginginkan hadiahnya. Namun dengan strategi ini diharapkan konsumen bisa mencoba produk Anda.

4. Sesekali bisa jadi kita melakukan kesalahan dalam pelayanan, tetapi lakukanlah “service recovery” terbaik yang justru bisa membuat kesalahan jadi “memmorable experience”.

5. Sebisa mungkin Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan karyawan Anda, lalu tempatkanlah mereka pada posisi yang tepat. Jika memang harus melakukan rotasi, lakukanlah.

6. Pada usaha kecil, Anda bisa jadi harus memiliki beberapa karyawan tetap. Tetapi Anda juga harus punya sistem “outsource” pekerjaan tertentu. Terutama untuk tangani order besar yang kita tidak bisa prediksi keberlanjutannya.

7. Pastikan ada minimal 10% dari keuangan perusahaan yang diinvstasikan untuk pengembangan usaha ke depan.

8. Jika Anda belum bisa membuat laporan keuangan secara rapi, minimal Anda mencatatnya dan ada “jejaknya”.

9. Konsumen saat ini makin “smart”, berhati-hatilah atas “jejak digital” yang mungkin terjadi, terutama testimoni negatif. Jaga terus kualitas layanan Anda, dan bercita-citalah untuk terjadinya “zero error”.

10. Negosiasi itu baru benar kalau posisi kita dengan klien / konsumen sejajar. Dan agar sejajar, kita tidak boleh merasa “sangat butuh” pada mereka. Dan ini bisa dicapai jika kita punya cukup banyak leads untuk diprospek.

TIPS-TIPS BISNIS (bagian 7)

Oleh admin Channel Telegram @posterbelajar

1. Sebelum merekrut karyawan, pastikan kita sudah punya pemasukan yang rutin.

2. Rekrutlah karyawan sesuai kebutuhan, bukan demi terlihat keren.

3. Jika diperlukan diawal-awal, satu karyawan mengerjakan beberapa hal sekaligus.

4. Jika bisnis makin bagus, jangan sampai kita tergantung pada satu karyawan “super”. Karyawan “super” adalah bahaya laten. Bentuklah sistem. Usahakan apa yang bisa dikerjakan si “karyawan super” juga bisa dilakukan karyawan lain.

5. Jangan remehkan kompetitor bisnis, tetapi juga jangan sampai terlalu gentar. Kembangkan value bisnis Anda sendiri sembari tetap memperhatikan pergerakan kompetitor.

6. Perubahan itu selalu terjadi, baik perubahan politik, ekonomi, sosial, teknologi hingga lingkungan. Pastikan Anda memperhatikan perubahan itu dengan baik dan mempersiapkannya agar bisnis Anda tidak mati.

7. Perubahan kecil itu bisa sangat berarti jika tak diantisipasi. Sekedar contoh, pembangunan jalan layang di depan toko kita yang membuat para konsumen tidak bisa lagi “parkir” (karena kini tak ada lagi bahu jalan), bisa membuat penjualan menurun drasis hingga hanya 30%-nya. Jadi, “bacalah” perubahan itu dan antisipasilah.

8. Untuk Anda yang memiliki toko, pastikan tinggi rak tak telalu jauh dari “eye level”, posisi dimana mata bisa langsung melihat.

9. Naikkan intuisi bisnis Anda dengan banyak belajar dan banyak mencoba hal baru dalam bisnis. Jangan takut gagal dalam mencoba. Kegagalan di awal-awal masih jauh lebih baik daripada kita sudah berjalan jauh.

10. Kenal potensi Anda. Sebaiknya Anda memilih bisnis “potensial” yang juga sesuai potensi diri Anda pribadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.