5 Tips Memilih Bisnis Online sebagai Usaha Sampingan yang Bisa Berikan Pendapatan Tambahan Jutaan / Bulan

Saat ini bisnis online menjadi pilihan banyak orang. Entah untuk mencari penghasilan tambahan di luar gaji utama atau memang ingin mencoba mulai merintis bisnis. Berikut ini

Sesuaikan dengan Tujuan

Memilih usaha sampingan  yang akan kita tekuni sebaiknya sesuai dengan tujuan kita.

Misal, niat kita memang untuk menambah pendapatan bulanan, ya cari yang marginnya memang cukup besar, jangan sekedar capek menjalankan bisnis (jangan lupa kita masih ada pekerjaan utama).

Idealnya margin yang kita dapat 20-30%. Atau tujuan kita “belajar bisnis“, ya cari peluang usaha yang bisa mengajari kita ilmu bisnis. Syukur-syukur ada yang bisa berikan keduanya.

Mau punya bisnis online yang marginnya 30%? Bahkan bisa sampai 50%… >> KLIK DI SINI !

Cocokkan dengan Kemampuan / Kelebihan Kita

Namanya juga bisnis online, maka aktivitas jualan utama kita biasanya yang berhubungan dengan internet. Internet marketing sendiri saat ini sangat banyak, mulai dari Facebook marketing, IG marketing, marketplace, LINE marketing, FB Ads, twitter, hingga SEO (Search Engine Optimization).

Coba lihat, kita unggul dimana? Cocokkan, kira-kira, bisnis yang akan kita pilih “pembelinya ada disitu nggak?”.

Misal kita jualan kaos ABG, lalu kita pakai twitter buat jualan, kayanya bakala salah segmen, berhubung anak ABG sudah jarang di twitter, paling ada di LINE atau paling mentok “IG”.

Misal yang kita tuju, ibu-ibu yang suka belanja. Kayanya jualan pakai LINE@ nggak cocok. Bisa jadi cocok jualan di IG atau bahkan marketplace. Marketplace sendiri banyak pilihan, mulai dari Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dll. Coba, kira-kira produk kita cocok dijual dimana?

Sesuaikan dengan Passion Kita

Ini tidak kalah penting. Bahkan sering kali paling penting! Bisnis itu nggak selamanya lancar. Bahkan nggak selamanya menyenangkan.

Berbisnis sesuai passion akan membuat perjalanan bisnis kita akan tetap terasa menyenangkan, walaupun kadang kita temui sesuatu yang kurang menyenangkan atau “sekedar menjenuhkan”.

Katakanlah misalnya Anda jualan fashion… Pada saat terima order tentu menyenangkan.

Tapi misalnya, saat Anda harus packing sendiri (karena belum punya karyawan) bisa jadi itu menjenuhkan. Packing 1-2 paket sih ok, tapi kalau 20 ?

Nah passion ini yang menjaga kita agar bisnis online yang kita jalani tetap menyenangkan.

Punya passion di bidang parenting / pendidikan? Bisnis ini cocok untuk Anda >> KLIK DI SINI !

Bisa Dropship

Ini adalah tips taktis paling direkomendasikan. Terutama Anda yang bisnis online-nya masih jadi bisnis sampingan. Sebaiknya pilih yang bisa dropship. Dengan demikian Anda takkan dipusingkan masalah stok, packing, apalagi kirim-kirim.

Buat kita yang masih coba-coba dan belum mau resign dari tempat kerja, atau ibu rumah tangga yang mau tetap menjalankan fungsi primernya sebagai ibu dan istri, mekanisme dropship sangat direkomendasikan.

Nanti kalau pembelian makin banyak, rutin, dan sudah mulai tidak terhandle, baru kita bisa hire karyawan, “nyetok” hingga “keluar dari tempat kerja”.

Namun sekali lagi… itu proses ya… semua yang berhubungan dengan fixed cost, sebaiknya dipertimbangkan dulu matang-matang.

Produk Berkualitas dan Bisa Terhubung dengan Produsen Langsung

Walaupun sebagian bisnis online ini masih usaha rumahan sebaiknya Anda tetap pilih-pilih produk yang akan dijual. Hal paling dasar, pastikan produk Anda berkualitas. Capek kan.. kalau tiap jualan dapat komplain soal kualitas produk dari konsumen.

Pada level yang lebih advanced, sebaiknya jual produk yang punya added value dibanding kompetitor atau produk yang ada di lapangan, mungkin dari kualitasnya, jenisnya, bahannya, dll.

Satu yang tak kalah penting usaha sampingan kita ini ada baiknya terhubung dengan produsen langsung, jika bisnis kita cuma jualan, belum produksi.

Hal ini untuk dukung poin 1 di atas, agar kita dapat margin maksimal. Kalau kita jualan sudah tangan ke-2 apalagi ke-3, ya wajar dapat margin yang mepet…

.

.

Silahkan SHARE tulisan ini jika Anda anggap bermenfaat buat yang lain..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.